Gorontalo, (Antaranews Gorontalo) - Ribuan warga kawanua (etnis Minahasa/Manado) di Provinsi Gorontalo, akan kumpul di Grand Palace Convention Center (GPCC) Kota Gorontalo pada Sabtu (10/3) pukul 09.00 wita, guna mengikuti pengukuhan Kerukunan Keluarga Kawanua (K3) dan pagelaran budaya.

"Persiapan kegiatan kami sudah 90 persen. Ada puluhan ribu warga kawanua di Gorontalo, tetapi undangannya hanya 1.000 orang disesuaikan dengan kondisi lokasi kegiatan," kata Ketua K3 Gorontalo Kompol Berty Runtukahu, Jumat.

Pria yang bertugas di Polda Gorontalo ini mengakui bahwa izin keamanan sudah disetujui pihak kepolisian, termasuk banyak dukungan warga lokal Gorontalo untuk menyemarakkan kegiatan ini, serta perpaduan sajian tarian Minahasa-Gorontalo.

"Jika tidak ada halangan, ketua umum DPP K3 Irjen Pol DR Ronny Sompie yang akan melantik langsung," kata Berty, sambil menyebutkan rencana kesiapan Gubernur Sulut Olly Dondokambey untuk hadir.

Selain ketua umum Ronny Sompie, akan hadir juga wakil ketua umum DPP K3 Brigjen Pol Tommy Watuliu, Fabian Pascoal, Audy Wuisang, Teddy Matheos dan John Lumelo. Termasuk juga undangan langsung ke Gubernur dan Wagub Gorontalo, bupati dan wali kota.

"Kami mengundang seluruh warga kawanua di Gorontalo, termasuk rukun warga Jaton di Gorontalo, untuk hadir langsung," jelasnya.

Koordinator Hubungan Masyarakat K3 Gorontalo Noldi Sulu mengatakan kegiatan yang melibatkan banyak orang ini, murni ke kegiatan sosial dan adat, dengan mengedepankan silaturahim antar warga kawanua maupun warga Gorontalo.

"Di sini kami tidak ada unsur politis, jadi lebih menitikberatkan kegiatan sosial dan adat. membangkitkan semangat si tou timou tumou tou atau memanusiakan manusia dan saling mendukung," kata Noldi.

K3 Gorontalo juga terpanggil untuk membantu pemerintah daerah se Gorontalo, dalam hal memberikan sumbangan saran dan masukan terkait program sosial dan pembangunan.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018