Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango , Provinsi Gorontalo, menargetkan hasil perikanan tangkap mencapai 13.490 ton untuk tahun 2018.

Kepala Dinas Perikanan setempat, Feny Monoarfa, Jumat, mengatakan dengan panjang pantai yang mencapai 60,9 km daerah itu memiliki berbagai potensi jenis ikan tangkap.

"Perikanan tangkap kita terbentang dari Kabila Bone hingga Bone Pantai dengan jenis ikan yang beragam seperti deho, tuna dan lainnya," ucapnya.

Dengan target tersebut, Feny yakin dapat tercapai melihat tren kenaikan yang ada untuk sektor perikanan tangkap sebesar 7 persen.

"Tahun ini kita fokus ke perikanan tangkap dan juga mencoba melatih nelayan tentang teknis penangkapan ikan bekerja sama dengan Balai Latihan Perikanan," jelasnya.

Sebelumnya, Bupati Bone Bolango, Hamim Pou mengungkapkan pihaknya mengembangkan sektor perikanan dan kelautan, dengan memanfaatkan berbagai potensi daerah yang ada.

"Potensi kelautan dan perikanan yang cukup besar ini sangat strategis, terutama dalam pengembangan usaha perikanan tangkap, usaha budidaya laut, serta potensi wisata bahari," kata Hamim.

Produksi perikanan di Bone Bolango terdiri dari budidaya uang berasal dari budidaya kolam, keramba, jaring apung dan rumput laut.

Sedangkan produksi dari perikanan tangkap berasal dari perikanan tangkap laut dan perairan umum dengan berbagai jenis ikan, antara lain ikan layang, tongkol, cakalang, selar tenggiri, ikan terbang, julung, kuwe, cumi dan tuna.

 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018