Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Duta Generasi Berencana (Genre) Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Gorontalo 2018, Zulkifli Walangadi dan Della Nawarita Kasim ingin membentuk Pusat Informasi dan Konseling (PIK) masyarakat.

Zulkifli Walangadi, Rabu, menjelaskan PIK Masyarakat yang dimaksud adalah wadah kegiatan program Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja (PKBR).

PIK tersebut yang dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat dalam rangka memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang perencanaan kehidupan berkeluarga bagi remaja serta kegiatan-kegiatan penunjang lainnya.

"Peran PIK di tengah masyarakat masih minim, oleh karena itu kami ingin ada tempat yang bisa mengayomi anak-anak yang tidak sekolah sehingga bisa menjadi remaja yang sehat, cerdas dan ceria," kata Zulkifli.

Ia mengungkapkan bahwa PIK tersebut berada di tengah-tengah masyarakat selain PIK Remaja dan PIK Mahasiswa.

"Kita juga akan membuat kalender kegiatan yang akan di koordinasikan dengan BKKBN Provinsi Gorontalo serta Forum Genre Gorontalo," pungkasnya.

Sementara itu Della Kasim menambahkan saat ini remaja harus mengetahui substansi dari Genre, seperti Program Triad KRR dan fungsi keluarga.

"Kita ingin membuktikan bahwa remaja bisa produktif dan bisa menjadi generasi yang berkualitas," kata dia, lagi.

Duta Genre merupakan mitra kerja BKKBN yang bertugas sebagai panutan di tengah remaja lainnya, agar mampu bersikap positif dan mampu menyebarluaskan informasi Kesehatan Reproduksi Remaja.

Selain itu Duta Genre juga diharapkan dapat meningkatkan sosialisasi dan promosi program KKBPK melalui program GenRe di kalangan remaja, agar memiliki pengetahuan, sikap, dan perilaku yang postif dalam pengembangan diri secara mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial.
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018