Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Gorontalo melakukan kegiatan "Grebek Sampah" di sepanjang pantai Baruga, Desa Malambe, Ponelo Kepulauan, Kabupaten Gorontalo Utara.

Kegiatan Grebek Sampah ini merupakan kerja sama dengan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Gorontalo Utara, serta PT. Perusahaan Listrik Negara Persero (PLN) yang juga melibatkan seluruh masyarakat yang tinggal di sepanjang pantai Baruga tersebut.

"Kami bersama warga melakukan pembersihan tumpukan sampah yang berserakan di sepanjang pantai Malambe," jelas Bambang Trihandoko, Pelaksana tugas (Plt) Kepala DLHK Provinsi Gorontalo, Rabu.

Ia menambahkan, penumpukan sampah tersebut menurut laporan warga memang sering terjadi di sepanjang pantai tersebut.

"Warga setempat menyampaikan kepada kami tentang adanya penumpukan sampah di sepanjang pantai tempat mereka tinggal, dan hingga saat ini belum diketahui secara pasti dari mana datangnya sampah yang dibawa oleh ombak tersebut," jelasnya.

Oleh karena itu, untuk mengurangi tumpukan sampah, pihak PLN juga turut memberikan bantuan berupa gerobak sampah yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk mengurangi sampah yang ada.

"Semoga dengan adanya "Grebek Sampah" sebagai salah satu langkah penuntasan masalah sampah di Malambe ini, akan jadi titik awal untuk pihak DLHK, BLH, serta PLN bahkan SKPD lainnya untuk sama-sama menyelesaikan masalah sampah tersebut," harapnya.

Beberapa warga memberi apresiasi program grebek sampah di pantai Baruga itu, sebagai upaya untuk terus melestarikan lingkungan.

"Kami sebagai warga dukung penuh program ini, karena ini memberikan manfaat besar dalam menjaga lingkungan," kata Rahmat, warga setempat.

 

Pewarta: Siti Hardianti

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018