Gorontalo, (Antaranews Gorontalo) - Forum Generasi Berencana (Genre) Provinsi Gorontalo menggelar lomba kependudukan yang terdiri dari tiga cabang lomba bagi kalangan remaja.

Pembina Forum Genre Provinsi Gorontalo, Rahman Imran, Jumat, mengatakan ada tiga cabang lomba yang diikuti oleh remaja usia 15-19 tahun tersebut.

"Ada lomba pidato kependudukan, karya tulis ilmiah kependudukan dan majalah dinding kependudukan," ujarnya.

Ia menjelaskan untuk kategori peserta yang mendaftar secara daring ada 67 orang dan diseleksi lagi menjadi kategori 10 besar pada masing cabang lomba.

"Tujuan utama kegiatan ini adalah mensosialisasikan isu kependudukan, dimana sangat erat kaitannya dengan imigrasi, kelahiran, kematian, perpidahan, dan kualitas sumber daya manusia (SDM)," jelas Rahman.

Dengan tema pada era globalisasi, etos pembangunan manusia dan kesehatan reproduksi remaja, menurut Rahman merupakan tiga isu utama yang ingin disebarluaskan melalui kegiatan tersebut.

"Ini merupakan kegiatan nasional yang secara serentak dilaksanakan diseluruh Indonesia, para pemenang-pemenang ini nanti akan diseleksi di tingkat nasional," kata dia, lagi.

Rahman menambahkan untuk pemenang masing-masing provinsi akan di kirim ke tingkat nasional dan mewakili Indonesia dalam ajang tingkat dunia nanti.

"Kegiatan ini di wadahi oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provisi Gorontalo dan didukung oleh Forum Genre Indonesia," pungkanya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018