Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, menggelar debat terbuka antar Calon Wakil Bupati (Cawabup) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pemilihan serentak tahun 2018.

Ketua KPU Gorontalo Utara, Fadliyanto Koem, Senin, di Gorontalo, mengatakan, debat terbuka kedua kali ini, mengangkat tema "Inovasi dan Pelayanan Publik".

Serta masih digelar di gedung yang sama pada debat sebelumnya yang diikuti antar Calon Bupati (Cabup), yaitu di salah satu gedung komersil di Desa Titidu, Kecamatan Kwandang, dimulai pukul 14.35 Wita.

Pihaknya berharap kata Fadliyanto, debat terbuka antar Cawabup dapat berlangsung tertib dan lancar, sebab pihaknya telah mengevaluasi penyelenggaraan debat antar Cabup yang digelar sebelumnya.

Diharapkan, tidak ada lagi tim pemenangan yang mengeluarkan suara dalam bentuk apapun tanpa ada pemberitahuan dari moderator, agar tidak menciptakan suasana ribut ataupun gaduh seperti pada pelaksanan debat sebelumnya.

Debat terbuka yang juga disiarkan langsung melalui berbagai media elektronik di tingkat lokal maupun memanfaatkan saluran langsung media sosial, diantaranya facebook, diharapkan mudah diakses masyarakat dengan baik.

Maka para tim pemenangan masing-masing 40 orang yang bisa memasuki ruangan debat, diharapkan bisa mendukung ketenangan para Cawabup agar mereka mendapat ruang yang luas untuk menyampaikan program-programnya.

Situasi yang kondusif pada pelaksanaan debat pun kata Fadliyanto, diharapkan dinikmati masyarakat melalui sajian program yang disampaikan para Cawabup, bukan sekedar memilah milih program yang disampaikan masing-masing Cawabup, namun menjadi pembelajaran demokrasi bagi masyarakat.

Seluruh tahapan debat kata Fadliyanto, diharapkan benar-benar menjadi pembelajaran politik dan demokrasi yang akan mencerdaskan masyarakat.

Debat terbuka antar Cawabup, dipandu moderator Kristina Mohamad Udoki, mantan Pemimpin Redaksi salah satu media cetak di Gorontalo, serta mantan Ketua KPU Kabupaten Bone Bolango periode 2009-2013.

Pilkada 2018 di daerah itu, diikuti tiga pasangan calon Bupati dan calon Wakil Bupati, nomor urut 1 Indra Yasin-Thariq Modanggu, nomor urut 2 Thomas Mopili-Suhela dan nomor urut 3, Roni Imran-Ismail Patamani.

Debat juga dihadiri pihak KPU Provinsi Gorontalo, Bawaslu Gorontalo, KPU dan Panwaslu setempat, serta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, didukung pengamanan Polres Gorontalo.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018