Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Akademisi dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG), Lilan Dama, menilai pelaksanaan debat terbuka pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2018, semakin baik dan berkualitas.

"Masing-masing peserta debat, yaitu para Calon Wakil Bupati (Cawabup), menunjukkan respon yang sangat baik, serta mampu menampilkan suguhan debat seperti yang diharapkan masyarakat," ujar perempuan bergelar doktor di bidang Penelitian dan Evaluasi Pendidikan itu, Senin.

Lilan menilai, para kontestan Pilkada pada debat terbuka antarcawabup pada pemilihan serentak 2018 di daerah itu, mampu menunjukkan kualitasnya dalam penguasaan visi misi masing-masing.

Ketiga Cawabup tidak sekedar berdebat, namun mampu menampilkan suguhan menarik khususnya menyampaikan program yang sudah tertuang dalam visi misi.

"Ini berkat komitmen ketiganya dalam penguasaan materi atau visi misi, ditunjang penguasaan panggung serta pemahaman dari mereka terkait tema debat yang akan diimplementasikan jika terpilih nanti, " ujar Lilan.

Ia yang juga menjadi anggota tim perumus materi debat terbuka yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo Utara, berharap, agar pada debat terbuka ketiga nanti yang akan diikuti para pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati, agar pelaksanaannya lebih baik dan tertib, serta tetap menjaga kualitas debat.

Yaitu memanfaatkan tahapan itu untuk menguatkan visi dan misi masing-masing, yang akan disajikan kepada masyarakat.

"Saya menilai, ada beberapa program yang disampaikan secara umum khususnya upaya pengentasan kemiskinan serta program inovasi khusus yang akan dilakukan jika terpilih nanti, seperti inovasi pelayanan publik dan program percepatan pembangunan infrastruktur," ujar Ketua Pusat Studi Perempuan dan Anak di Universitas Negeri Gorontalo itu.

Debat terbuka antar Cawabup yang digelar KPU Gorontalo Utara, digelar di gedung komersil yang berlokasi di Desa Titidu, Kecamatan Kwandang, dimulai pukul 14.30 Wita.

Debat juga dihadiri pihak KPU Provinsi Gorontalo, Bawaslu Gorontalo, KPU dan Panwaslu setempat, serta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, didukung pengamanan Polres Gorontalo.

 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018