Gorontalo, (Antara News) - Pemerintah Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) terus membudayakan program "gemar membaca" di setiap kalangan siswa, terutama cerita daerah untuk membangkitkan budaya lokal.

"Program gemar membaca diwujudkan dengan lomba bercerita antar anak sekolah di Kabupaten Bonebol," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Bonebol, Oktavianus Rahman.

Ia menjelaskan, tujuan dilaksanakan lomba bercerita itu, antara lain untuk menumbuhkembangkan minat dan kegemaran membaca anak-anak, serta kecintaan terhadap karya budaya bangsa melalui berbagai bacaan atau buku.

Selain itu, untuk mengangkat dan mempopulerkan buku-buku cerita budaya daerah atau lokal, yang mengandung nilai-nilai kehidupan yang baik, serta membangun karakter bangsa (baik buku bernuansa cerita kepahlawanan maupun legenda).

Dan mencari bibit-bibit generasi muda dari daerah Kabupaten Bonebol untuk dapat menjadi panutan dalam memjalankan kebiasaan membaca.

Sebelumnya, Sekda Bonebol Ishak Ntoma membuka acara lomba bercerita bagi siswa sekolah dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) tingkat Kabupaten Bone Bolango tahun 2018, di Gedung Koperasi Kartini Kabila, sejak Senin (16/4).

Melalui kegiatan lomba bercerita ini, cerita daerah diangkat kembali, yang nantinya dapat membangkitkan cinta anak terhadap budaya lokal. Selain itu, dapat menghargai khazanah kekayaan budaya bangsa, yang pada gilirannya akan menumbuhkan rasa menghormati, rasa bersatu padu dalam ikatan kebangsaan yaitu bangsa Indonesia. (adv/humas)

 

Pewarta: adv.

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018