Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Ribuan pelajar Gorontalo antusias mengikuti seminar Nasional tentang cara menjadi usahawan muda, oleh trainer dan motivator termuda Indonesia, Syafii Efend, yang dilaksanakan di Kota Gorontalo.

Kegiatan tersebut juga dihadiri langsung Dinas Pendidikan dan Olahraga (Dispora) Provinsi Gorontalo, dan juga beberapa Kepala Sekolah yang ada di Gorontalo, Kamis.

"Para pelajar harusnya lebih aktif dan produktif di usia muda, tidak membuang-buang waktu, tetap fokus memperluas wawasan dan relasi," jelas Syafii Efend, saat memberikan motivasi pada seminar Nasional tersebut.

Ia menjelaskan, di usia muda harusnya para pelajar sudah bisa untuk memanfaatkan segala kemampuan untuk membuka lapangan pekerjaan dengan jiwa `entrepreneur`, bahkan dapat membantu untuk mengurangi jumlah pengangguran yang ada di Gorontalo.

"Orang di sekitar kita merupakan salah satu pembangkit terbesar keberhasilan kita. Jadi bergaulah dengan orang-orang terbaik dan mulailah untuk bekerja sama dengan mereka," katanya.

Syafii menambahkan, wirausaha itu memang harus dimulai sejak sekarang agar dapat melatih diri salah satunya untuk peka terhadap perkembangan perekonomian sekitar.

"Selain itu, banyak orang berpikir jika usaha dimulai dari hal sederhana tidak akan berhasil, ingat sederhana bukan berarti rendah, rendah bukan berarti rendah diri, kualitas diri yang mau untuk terus berusaha dan belajarlah yang dapat menentukan kesuksesan kalian," tutupnya.


 

Pewarta: Siti Hardianti

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018