Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gorontalo Utara, mengatakan, rekapitulasi penghitungan suara di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) telah berakhir, Kamis.

Komisioner divisi data, humas dan hubungan antar lembaga, Sophian Rahmola, mengatakan, rekapitulasi penghitungan suara tingkat PPK di 11 kecamatan telah tuntas.

Seluruh kotak suara pun telah masuk, termasuk yang berasal dari Kecamatan Kepulauan Ponelo dan Dudepo di Kecamatan Anggrek.

Proses penyalinan `scanning` formulir C1 dari seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) pun telah rampung.

Sehingga dipastikan seluruh data telah tersaji secara online ke KPU RI, bahkan masyarakat bisa melihat langsung melalui website pemilu2014.kpu.go.id/c1.php.

Selanjutnya kata Sophian, pihaknya menjadwalkan rekapitulasi penghitungan suara di tingkat KPU, akan digelar mulai Sabtu (19/4).

"Kami optimis, seluruh tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) legislatif hingga penetapan anggota legislatif terpilih akan berjalan lancar dan aman, sesuai jadwal," ujarnya.

Penjagaan di gudang logistik tempat kotak suara ditempatkan tetap dimaksimalkan, untuk menghindari berbagai bentuk-bentuk kecurangan termasuk upaya pihak tak bertanggungjawab untuk menghilangkan surat suara yang menjadi bukti otentik. 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2014