Gorontalo, (Antaranews Gorontalo) - Demonstrasi tim "Eastern Fleet Quick Respon" (EFQR) atau reaksi cepat pengamanan laut memukau warga yang hadir pada perayaan HUT pangkalan TNI AL (Lanal) Gorontalo ke 11 di pantai Kurenai, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Sabtu.

Zulfikar, salah seorang warga yang datang melihat demo tersebut mengaku terkesan dengan aksi dari tim AL yang sigap menangkap kapal yang dicurigai di laut.

"Dengan menggunakan perahu karet dan kapal yang satunya lagi, tim TNI AL yang menggunakan senjata lengkap terlihat mengitari kapal ikan dengan sigap," ujarnya.

Menurutnya, aksi yang diperlihatkan tersebut, menjadi salah satu bukti kekiatan dan kemampuan TNI AL dalam mengamankan laut Indonesia, khususnya Goronntalo.

Baca juga: Lanal Gorontalo Terus Bersinergi Jaga Keamanan Laut

Sementara itu, Danlanal Gorontalo Letkol (L) Tonny Sundah menjelaskan demonstrasin itu dilakukan dalam rangka melatih profesionalisme prajurit TNI Angkatan Laut, khususnya dalam melaksanakan penindakan tindak pidana di laut.

"Tadi ada para prajurit terbaik Lanal Gorontalo yang telah melaksnakan demo untuk menangkap maupun memeriksa kapan yang dicurigai membawa narkoba awalnya kita melakukan peringatan dengan tim Eastern Fleet Quick Respon (EFQR)," ucapnya.

Kemudian tim kedua akhirnya berhasil membawa kapal yang dicurigai untuk dilakukan pemeriksaan. Peralatan yang digunakan yaitu sea rider, perahu karet, dan senapan laras panjang dan pistol.

"Jadi itu memang sudah sesuai standarnya, kita tidak langsung mendekati target, harus berkeliling untuk mengawasi keadaan kapal, sambil memberi peringatan `stop mesin, kapal akan diperiksa!" pungkasnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018