Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Provinsi Gorontalo mengalokasikan anggaran sebesar Rp7,1 miliar dari APBD Tahun 2014 untuk pengadaan sebanyak 148 ton bibit jagung.

Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim, Selasa, mengatakan bibit tersebut mulai disalurkan perdana kepada masing-masing kelompok tani untuk dua daerah, yakni Kota Gorontalo dan Kabupaten Bone Bolango.

Penyerahan itu dilakukan pada kegiatan gerakan tanam serempak dan percepatan tanam di Kantor Dinas Pertanian Hortikultura dan Tanaman Pangan Provinsi Gorontalo.

Ia menjelaskan setiap memasuki musim tanam, para petani sering kali dihadapkan dengan masalah pengolahan lahan, serta ketersediaan bibit dan pupuk. "Jika perlu mekanisme pengadaan bibit melalui proses tender ditiadakan saja, sehingga setiap petani membutuhkan bibit, langsung bisa kami layani," ujar wagub.

Meski demikian, lanjutnya, langkah tersebut harus dipertimbangkan kembali sehingga tidak bertentangan dengan ketentuan dan aturan perundangan yang berlaku.

Kepada para petani yang menerima bantuan bibit jagung dari Pemprov Gorontalo, Idris berharap untuk segera melakukan penanaman dan tidak memperjualbelikan bibit tersebut.

"Setelah menerima bibit ini, harus segera ditanam dan jangan dijual karena pada akhirnya bantuan ini gagal.menstimulasi petani," ujarnya.

Ia menambahkan pembangunan sektor pertanian ini cukup beralasan, karena mayoritas masyarakat Provinsi Gorontalo berprofesi sebagai petani.

"Bahkan nenek moyang kita sudah terbiasa menanam jagung. Untuk itu kami ingin membantu petani yang terkendala bibit," ujarnya.  

Pewarta: Debby Hariyanti Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2014