Gorontalo, (Antara News) - Bupati Bone Bolango Hamim Pou membagikan sebanyak 10 kursi roda bagi warga berkebutuhan khusus atau difabel, yang tersebar di daerah tersebut.

Kursi roda itu berasal dari program tahunan di Dinas Sosial Kabupaten Bone Bolango, yang diharapkan mampu meringankan beban penyandang difabel.

Kepala dinas Sosial Kabupaten Bone Bolango, Dian Susilo, mengatakan program itu memang dikhususkan bagi penyandang difabel.

"Program itu lewat usulan masyarakat di Kabupaten Bone Bolango. Kemudian kami memasukannya ke dalam anggaran. Maka keluarlah 10 kursi roda itu," katanya.

Ia mengatakan, program itu memang sudah jalan dalam beberapa tahun belakangan. Maka ke depan, Dian mengaku akan meningkatkan jumlah kursi roda itu.

Di tahun 2019, ungkap Dian, instansinya akan menambah kursi roda dan pemberian fasilitas lainnya kepada disabilitas yang akan disesuaikan dengan kebutuhan mereka.

"Tujuannya agar kami bisa memenuhi hak-hak dasar disabilitas, karena mereka juga adalah bagian dari warga negara," ujarnya.

Tambahnya, pemerintah tak henti-hentinya memberikan perhatian khusus kepada penyandang disabilitas sesuai instruksi konstitusi negara.

Ia juga mengingatkan agar masyarakat di Bone Bolango bisa memerhatikan kebutuhan mereka. Bahkan ia meminta agar diskriminasi tidak dilakukan kepada para penyandang difabel.

"Mereka butuh dukungan dari keluarga dan lingkungan di sekitarnya. Jangan pernah mengucilkan mereka," pinta Dian.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018