Gorontalo, (Antara News) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Gorontalo siap melakukan pelayanan Kesehatan bagi pemudik sesuai dengan edaran Menteri Kesehatan tentang penyelenggaraan pelayanan kesehatan pada situasi khusus untuk libur keagaamaan.

Perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Adriyanto, Jumat, mengatakan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie juga telah membuat surat keputusan terkait koordinasi untuk pengamanan lebaran termasuk juga di dalamnya ada kesehatan.

"Untuk edaran dari Menteri Kesehatan ini ada beberapa hal yang penting yakni tim pembentukan penyelenggaraan kesehatan mudik libur keagaamaan selama tahun 2018," jelasnya.

Selanjutnya pembentukan pos kesehatan yang dikelola oleh Dinas Kesehatan kabupten/kota setempat.

"Untuk tempat-tempat tertentu kita sudah berkoordinasi dengan kepolisian dan perhubungan untuk membentuk posko-posko kesehatan," kata dia, lagi.

Selain itu, Dinas Kesehatan juga menyiapkan dan kesiapsiagaan fasilitas pelayanan kesehatan dan pusat pelayanan publik pada libur lebaran.

"Kemudian pemberian pelayanan kesehatan 24 jam di Puskesmas dan rumah sakit di sepanjang jalur mudik. Khusus di sepanjang jalan Trans Sulawesi, kita sudah mengimbau kepada dinas kesehatan kabupaten/kota untuk mengaktifkan Puskesmas yang ada," ucap Adriyanto.

Sedangkan untuk tim gawat darurat dan pelaksanaan komunikasi serta koordinasi antarlembaga yang terkait juga telah dilakukan.

"Untuk posko di terminal ada beberapa kegiatan yang kita lakukan, termasuk pemerikasaan kesehatan pada pengemudi bus dan terkait dengan masalah jaminan kesehatan kami siap untuk dihubungi," ujarnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018