Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, memastikan daging sapi dan ayam di pasar tradisional di daerah itu, aman untuk dikonsumsi pada lebaran Idul Fitri 1439 hijriyah/2018.

"Pemeriksaan kondisi daging sapi dan ayam di pasar-pasar tradisional, terus dilakukan hingga saat ini sampai pada H-1 jelang lebaran Idul Fitri, untuk memastikan masyarakat selaku konsumen membeli daging yang sehat, aman, utuh, halal atau layak konsumsi," ujar Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) Pengolahan dan Pemasaran Disnakkeswan Gorontalo Utara, drh Yeni Retno Wati, di Gorontalo, Selasa.

Ia mengatakan, pemeriksaan daging sapi dan ayam dilakukan di sejumlah tempat pemotongan rumahan serta pasar tradisional.

"Hingga saat ini, kami belum menemukan daging sapi maupun ayam, dijual dalam kondisi tidak layak," ujar Yeni.

Namun pihaknya terus melakukan pengawasan dan pemeriksaan hingga H-1 lebaran Idul Fitri.

Khususnya di pasar Moluo Kecamatan Kwandang, untuk memastikan masyarakat mengonsumsi daging sapi dan ayam yang aman, halal dan sehat sebagai hidangan istimewa di hari lebaran.

Pihaknya pun, kata Yeni, terus mengimbau agar para pedagang melakukan pemotongan hewan sesuai standar kelayakan di rumah potong hewan, agar menghasilkan kondisi daging yang aman konsumsi.

Beruntung, kata dia, penjualan daging baik sapi maupun ayam di daerah itu, lebih didominasi sesuai kebutuhan.

"Artinya, pedagang cenderung melakukan pemotongan hewan sesuai permintaan," katanya.

Seperti yang diungkap Kun Lakoro, pedagang daging sapi di daerah itu yang mengaku rata-rata melakukan pemotongan dua ekor per hari.

"Biasanya peningkatan jumlah pemotongan dilakukan pada H-1 lebaran Idul Fitri, rata-rata mencapai 5-7 ekor atau sesuai pemesanan," ujarnya.

Pedagang lainnya, Oyis selaku pedagang daging ayam potong mengaku, rata-rata per hari menjual 30 ekor.

"Jika permintaan naik seperti jelang hari raya, ia bisa menjual lebih dari 100 ekor ayam potong," ujarnya.

Saat ini, harga daging sapi stabil Rp110.000 per kilo gram dan harga daging ayam potong berada di kisaran Rp65.000-Rp70.000 per ekor berat 1,8-2 kilo gram.
 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018