Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Desa-desa penyanggah di Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, diharapkan bisa siap menerima kunjungan wisatawan pada libur lebaran Idul Fitri 1439 hijriah.

Ketua DPRD Gorontalo Utara, Nurjanah Yusuf, di Gorontalo, Kamis, mengatakan, 78 desa pesisir di wilayah ini dan beberapa diantaranya merupakan desa penyanggah kawasan wisata, di antaranya empat desa di Kecamatan Ponelo Kepulauan.

Serta beberapa desa di Kecamatan Monano dan Sumalata Timur, akan menjadi penunjang keberadaan objek wisata bahari seperti Pulau Duyonumo, Pulau Popaya dan Pulau Raja.

Pemerintah daerah diharapkan mendorong pemerintah desa di sekitar objek wisata tersebut untuk berbenah dan memanfaatkan potensi kunjungan wisatawan yang tinggi pada libur lebaran tahun ini.

Nurjanah pun berharap, pemerintah desa meningkatkan kreativitas masyarakat agar bisa memanfaatkan liburan untuk meningkatkan pendapatan asli desa dan pendapatan perekonomian keluarga.

Menurutnya, setiap tahun tren kunjungan wisata bahari khususnya di beberapa pulau cantik di daerah itu terus tinggi sebab keindahan pasir putih dan suasana pantainya sangat diminati.

Pulau Saronde, Pulau Huha dan Pulau Lampu di Kecamatan Ponelo Kepulauan serta Pulau Duyonumo di Kecamatan Sumalata Timur dan Pulau Raja di Kecamatan Monano, banyak menjadi target kunjungan wisatawan.

Namun tidak seperti Pulau Saronde yang telah memiliki fasilitas penginapan, pulau-pulau lainnya diharapkan bisa mendapat dukungan dari masyarakat, dengan memanfaatkan rumah mereka sebagai fasilitas penginapan bagi para pengunjung ataupun untuk mendapatkan air bersih.

Kesiapan tersebut sama halnya dilakukan desa-desa wisata di daerah lainnnya.

"Maka diharapkan, desa-desa penyanggah wisata bahari di daerah ini, bisa memanfaatkan potensi wisata itu dengan meniru dan memodifikasi kegiatan positif yang berhasil dilakukan di daerah lain untuk meningkatkan keberadaan objek wisata unggulan di daerah ini," ujarnya.
 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018