Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Pemerintah Kota Gorontalo menurunkan 300 petugas untuk menyingkirkan berbagai sampah sisa aktivitas Pasar Senggol agar lingkungan setempat tetap bersih.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pemkot Gorontalo Djunaidi Kiyai Demak di Gorontalo, Jumat, mengatakan pengangkutan sampah dilakukan sejak pukul 02.00 hingga 04.00 Wita di sebagian pasar yang sudah tutup.

Namun, katanya, sebagian lainnya baru akan disingkirkan pada pukul 14.00 Wita ke tempat pembuangan sampah.

"Secara keseluruhan aktivitas pasar baru berhenti pukul 04.00 pagi sehingga sisa sampah masih banyak saat ini. Pukul empat sore kami targetkan sudah bersih semua," ujarnya.

Ia menjelaskan usai menyingkirkan sampah pada dini hari, para petugas diberi kesempatan untuk menjalankan Shalat Idul Fitri dan berkumpul dengan keluarga.

"Kami berupaya agar sampah tertangani dan para petugas tidak kehilangan haknya untuk beribadah dan bersilaturahmi dengan keluarga," kataya.

Wali Kota Gorontalo Budi Doku mengapresiasi kinerja para petugas kebersihan. Mereka dinilainya melaksanakan tugas secara optimal.

"Siang malam mereka membersihkan Pasar Senggol setiap hari. Karena mereka masalah sampah setiap Lebaran ini teratasi," katanya.

Ia menambahkan transaksi do Pasar Senggol terjadi hingga pagi hari sehingga menyulitkan petugas untuk menyingkirkan seluruh sampah tepat saat Shalat Idul Fitri.

Pasar Senggol adalah pasar yang digelar mulai pertengahan hingga akhir ramadhan, yang menjual berbagai barang kebutuhan pokok dan rumah tangga.


 

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018