Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Penjualan bambu muda untuk wadah nasi jaha atau lemang di Desa Ombulo, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo meningkat menjelang perayaan Lebaran Ketupat, Kamis.

Salah seorang pedagang bambu, Risman Koem mengatakan dalam sehari ia bisa menjual hingga 400 batang bambu jelang lebaran ketupat.

"Jika biasanya bambu ini hanya dibeli oleh para pedagang nasi jaha, tapi untuk lebaran ketupat, banyak sekali warga yang membeli karena hampir setiap rumah memasak nasi jaha" ujarnya.

Ia mengatakan, untuk satu batang bambu terdapat lima ruas yang bisa dijadikan wadah nasi jaha. Satu batang bambu dijual dengan harga Rp8 ribu.

"Sedangkan untuk satu ruas dijual Rp ribu karena sudah dihaluskan, di potong dan diberikan alas daun pisang," jelasnya.

Sementara itu, Rinto salah seorang pembeli mengatakan membeli 40 ruas bambu muda di lapak pedagang bambu dadakan di Desa Ombulo kebutuhan memasak nasi jaha.

"Sudah menjadi tradisi kami untuk menyiapkan nasi jaga bagi siapa saja yang datang bertamu pada lebaran ketupat, jadi siapa saja bisa makan dan kami juga membagikannya kepada warga yang datang sebagai oleh-oleh," pungkasnya.



 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018