Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Harga ikan laut segar di sejumlah pasar tradisional di Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, mengalami kenaikan akibat terpengaruh cuaca.

Salah seorang pedagang ikan di pasar Sentral Kota Gorontalo, Adi Katili, Kamis, mengatakan harga ikan naik karena cuaca buruk yang terjadi di perairan tempat nelayan mencari ikan.

"Nelayan cukup kesulitan menangkap ikan karena cuaca buruk, sehingga stok juga terbatas, hujan dan laut yang berombak menjadi halangan," ujarnya.

Ia mengaku saat ini untuk ikan malalugis, naik dari Rp22.500/kilogram menjadi Rp25.000/kilogram atau dijual Rp10.000/ekor.

"Berbeda dengan beberapa pekan sebelumnya, ikan cukup melimpah sehingga harganya stabil, namum sekarang kondisi cuaca sedang tidak bersahabat," ucap Adi.

Hal serupa dikatan pedagang ikan lainnya, Opin Saleh yang mengaku kondisi cuaca dan alam membuat harga ikan mengalami kenaikan dari nelayan.

"Ikan oci yang selalu menjadi salah satu ikan favorit warga mengalami kenaikan dari Rp30.000/kilogram menjadi Rp35.000/kilogram atau kami jual Rp20.000/enam ekor," kata dia, lagi.

Namun sedikit berbeda dengan ikan lainnya, ikan cakalang dengan ukuran besar justru mengalami penurunan harga, dari Rp50.000 per kilogram turun menjadi Rp 40.000 per kilogram.
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018