Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo berharap, pasangan bupati dan wakil bupati terpilih mampu meningkatkan pengelolaan sektor unggulan untuk kemajuan pembangunan di daerah itu.

"Untuk pemerintahan daerah periode 2018-2023 sangat diharapkan mampu meningkatkan pengelolaan potensi yang menjadi sektor unggulan di daerah ini," ujar Wakil Ketua DPRD Gorontalo Utara, Lukman Botutihe, di Gorontalo, Kamis.

Ia mengatakan banyak peluang investasi yang bisa dikembangkan melalui sektor unggulan perikanan dan kelautan, didukung potensi yang cukup luas di pesisir pantai utara di daerah itu.

Hal itu, katanya, termasuk sektor pariwisata dan pertanian yang belum optimal pengelolaannya selama ini.

"Pemerintah daerah harus lebih fokus mengelola sektor unggulan, sebab potensi yang dimiliki sangat besar, apalagi kondusivitas daerah dan dukungan masyarakat terus diberikan," ujar politikus Partai Amanat Nasional itu.

Ia berharap, target kunjungan wisatawan, baik nusantara maupun mancanegara, akan terpenuhi sebab banyak dampak ekonomi untuk meningkatkan kemajuan daerah serta kesejahteraan masyarakat.

Ia mengemukakan pentingnya pencapaian target pembangunan sektor perikanan, khususnya perikanan tangkap, serta pengelolaan sumber daya kelautan.

Sektor tersebut, katanya, potensial disinergikan dengan kegiatan perekonomian produktif yang dilakoni masyarakat secara langsung, didukung peluang pasar nusantara yang cukup menjanjikan.

Selain itu, katanya, perlu ditingkatkan pengelolaan sektor pertanian, khususnya potensi produksi padi dan jagung, karena mampu meningkat hingga rata-rata 9-10 ton per hektare.

"Bupati dan wakil bupati terpilih periode 2018-2023 diharapkan mampu fokus mewujudkannya," ujar Lukman.

 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018