Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo kini memiliki Forum Percepatan Penyelesaikan Pengaduan Lingkungan melalui `Simple-Link` yang ditempatkan di sejumlah kecamatan.

Penggagas Konsep tersebut, Indrimawaty Alulu, Minggu, mengatakan forum tersebut berada di Kecamatan Dungaliyo, Kecamatan Telaga dan Kecamatan Bongomeme yang dipusatkan di Desa Upomela.

"Dengan adanya pembentukan forum di tingkat kecamatan, maka masyarakat dalam melakukan pengaduan lingkungan hidup tidak perlu ke Pemerintah Kabupaten tapi langsung ke kecamatan," ujarnya di Gorontalo.

Kemudian diselesaikan di forum percepatan penyelesaian lingkungan melalui simple-link di tingkat kecamatan yang diharapkan cepat, tuntas dan selesai.

"Program tersebut melibatkan Kapolsek, Camat, kepala desa dan koordinasinya Dinas Lingkungan Hidup dan Bagian Hukum Setda Kabupaten Gorontalo," jelasnya.

Ia mengungkapkan, pembentukan forum tersebut dilatarbelakangi oleh berbagai masalah yang timbul di lingkungan hidup, maka menurutnya perlu dilakukan penanganan terutama bagaimana mengatasi, menyelesaikan pengaduan di kecamatan.

Sementara itu Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo mengatakan, forum tersebut sangat penting dalam rangka koordinasi masalah lingkungan yang dihadapi pada setiap kecamatan se kabupaten Gorontalo.

"Kita tahu bersama bahwa masalah sampah atau masalah lingkungan ini masih menjadi musuh besar kita. Makanya, dengan hadirnya konsep ini tentunya dapat membantu kita didalam menyikapi setiap problem lingkungan," tegasnya.

Nelson berharap dari adanya konsep percepatan penyelesaian pengaduan lingkungan melalui simple link ini bisa lebih membuat masyarakat sadar akan pentingnya menjaga lingkungan sekitar.
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018