Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Perusahaan Umum (Perum) Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) bersama Perumnas sebagai BUMN pelaksana "BUMN Hadir Untuk Negeri" di Gorontalo, membekali peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) yang akan berangkat ke Provinsi Lampung.

Kepala kantor Jamkrindo cabang Gorontalo Etyk Turniyatun, ketika ditemui menjelaskan sebelum siswa dikirim ke Lampung, akan ada dua kali tahapan pembekalan yang diberikan.

"Hari ini merupakan pembekalan tahap awal, dan untuk pembekalan tahapa dua akan dilaksanakan pada 10 Agustus 2018 sebelum mereka diberangkat ke Lampung," kata Etyk Turniyatun.

Dijelaskannya meskipun selama berada dilampung peserta SMN asal Gorontalo akan ditangani oleh BUMN lainya, yaitu Pelni, Kimia Farma dan PPI, namun pihaknya menilai perlu ada pembekalan dari daerah asal, terkait apa nantinya yang akan mereka lakukan selama berada disana.

Terutama bakat dan potensi dari setiap siswa, sehingga ketika mereka berada di Lampung, dapat memperkenalkan adat, budaya Gorontalo.

"Dari pembekalan tadi, kami mendapati potensi bakat dari setiap siswa, dan itu yang nantinya akan mereka pentaskan di Provinsi Lampung," jelasnya.

Peserta SMN asal Gorontalo nanti akan mementaskan tari Saronde dan atraksi Longgo yaitu tarian adat tradisional Gorontalo, termasuk mementaskan lagu daerah Gorontalo serta puisi.

Sebelumnya kepala bagian Program Kemitraan dan Bina Lingkungan Jamkrindo Lies Nun Heriyatisyah menjelaskan bahwa, adapun yang menjadi, tujuan dari program, SMN yaitu untuk menanamkan rasa bangga kepada siswa, dimana Indonesia memiliki keberagaman adat, budaya dan bahasa.

"Jadi nanti siswa asal Gorontalo akan ke Lampung akan ditangani BUMN lainya yang ada disana, dan yang dari Lampung akan ke Gorontalo kami yang akan menangani," ujar Lies Nun Heriyatisyah.

Lewat SMN ini, siswa bisa belajar dan mengenal adat dan budaya dari setiap daerah, mengingat program BUMN Hadir Untuk Negeri, terlaksana di 34 provinsi seluruh Indonesia, yang difasilitasi langsung oleh BUMN.

Lewat program ini, para peserta maupun pemangku kepentingan diharapkan akan memiliki pandangan yang baik tentang BUMN diseluruh Indonesia, yang telah berperan dalam meningkatkan kesejahteraan bangsa, melalui kerja nyata yang berdampak langsung pada masyarakat.

Pewarta: Farid

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018