Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango, Provinsi Gorontalo akan membangun lima stasiun sepeda sebagai bentuk dukungan program Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI yaitu Jelajah Sepeda Nusantara.

Bupati Bone Bolango, Hamim Pou, mengatakan pada tahun 2018 ini melalui APBD-P 2018 akan menyiapkan anggaran untukmembangun lima pangkalan stasiun sepeda.

"Ini sebagai bentuk dukungan, dan kami memutuskan dan menginstruksikan semua warga, terutama Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk memiliki sepeda," ujarnya.

Bupati bersama Wakil Bupati Mohamad Kilat Wartabone pun menginstruksikan seluruh ASN, agar mulai bulan September 2018 setiap hari Jumat harus bersepeda menuju ke kantor masing-masing, karena bersepeda selain murah, juga menyehatkan.

Menurunya, Jelajah Sepeda Nusantara memberi inspirasi, menghidupkan dan membuat masyarakat berolahraga. Selain itu juga menghidupkan roda ekonomi sekaligus memberi kesempatan berekreas, bersilaturahmi antar-sesama warga yang selama ini kelihatannya cenderung menurun.

"Jadi dampak sosial, budaya, ekonomi, dan olahraga sangat kelihatan lewat kegiatan bersepeda ini," kata dia, lagi.

Sementara itu, Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda, Kemenpora RI, Imam Gunawan mengaku bersyukur bisa hadir di bumi Bone Bolango Cemerlang.

"Kami merasa dihargai dan tersanjung dengan sambutan pemerintah daerah dan masyarakat yang begitu luar biasa," ujarnya usai pelaksanaan Jelajah Sepeda Nusantara di Bone Bolango.

Imam mengatakan perjalanan pihaknya bersama tim Jelajah Sepeda Nusantara 2018 menyusuri pulau Kalimantan, Sulawesi, Jawa, dan berakhir di Bali, bukan sekadar ingin bersepeda, tapi membawa misi besar.

Misi pertama, yakni mengajak masyarakat berolahraga melalui bersepeda.
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018