Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Bupati Bone Bolango Hamim Pou mengaku optimistis semua produk-produk kerajinan unggulan warga, khususnya dikelola usaha mikro kecil menengah (UMKM), akan ditampung di "Galeri UMKM" binaan pemkab tersebut.

 "Galeri UMKM diharapkan mampu membantu perekonomian masyarakat, khususnya usaha bagi warga kelas menengah ke bawah agar bisa dijual ke publik," kata Bupati, beberapa waktu lalu. 

Beberapa produk olahan UMKM di daerah, seperti kopi Pinogu, kopi Gabulu, kain karawo (kerawang), Kopiya Karanji, gula merah dan lainnya layak dipromosikan terus.

Bupati juga mengimbau kepada pelaku-pelaku UMKM memanfaatkan kehadiran galeri UMKM untuk promosi hasil produknya, karena banyak wisatawan juga ingin menikmati atau membeli hasil kerajinan dari masyarakat, baik itu berupa kue, olahan ikan hingga pakaian.

"Galeri UMKM ini penting bagi pelaku usaha, karena selain promosi juga bisa memberi inovasi baru dari hasil usahanya," kata Bupati.

Ia mengakui bahwa galeri ini merupakan cita-citanya, yaitu membangun dan menghadirkan sebuah galeri kecil yang akan mempromosikan, memasarkan, dan memajang produk-produk lokal unggulan.

"Kita wujudkan galeri UMKM maupun galeri produk unggulan ini lebih optimal. Apalagi tempat ini akan ada uji kompetensi untuk kopi khas daerah Pinogu," kata Bupati.


 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018