Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, meminta agar sejumlah koperasi di kabupaten itu terus berkembang dan harus saling bersatu untuk kesejahteraan anggota.

"Di era globalisasi seperti saat ini, koperasi harus dapat berkembang dengan baik dan tidak jalan sendiri-sendiri," ujarnya pada Rapat Anggota Tahunan (RAT) Memongu Lipu di Aula rumah jabatan Bupati, Selasa.

Ia menjelaskan tren yang ada saat ini di sejumlah negara di Eropa adalah kelompok-kelompok ekonomi yang terbentuk.

"Di sana dibentuk Uni Eropa, yaitu negara-negara yang menyatu, untuk koperasi pun harus menyatu dan saya melihat tren di Indonesia dan di kabupaten Gorontalo levelnya naik," ucap Nelson.

Menurutnya, KPRI khusus pegawai negeri pun berkembang. Dan salah satu faktornya adalah modal koperasi tersebut bukan modal dari anggota melainkan bank.

"Tahun 2018 ini sudah sembilan koperasi yang diintervensi dan ini menandakan koperasi kita berkembang," kata dia, lagi.

Namun Nelson mengakui jika pihaknya terus memperhatikan dan meningkatkan manajemen pengelolaan serta sumber daya manusia yang ada.

"Oleh karena itu koperasi harus melaksanakan program-program untuk mengembangkan kompetensi pengurus, manajer dan bagian lainnya yang merupakan inti dari koperasi," ungkap dia.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018