Gorontalo, (Antara News) - Anggota DPRD Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo Fatri Botutihe menuntut keseriusan pemerintah dalam penanganan persoalan tapal batas di wilayah barat kabupaten ini, yaitu Kecamatan Tolinggula yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Buol, Provinsi Sulawesi Tengah.

"Perlu penanganan serius dari seluruh elemen pemerintah untuk menangani persoalan tapal batas ini," ujar politisi Partai Gerindra itu, di Gorontalo, Rabu.

Ia menegaskan, persoalan tersebut tidak hanya memerlukan perhatian pemerintah kabupaten.

Namun pemerintah provinsi pun diharapkan serius menanganinya, mengingat berkaitan langsung dengan tapal batas antara Provinsi Gorontalo dan Provinsi Sulawesi Tengah di bagian barat Gorontalo Utara.

Dia mengusulkan pembentukan panitia khusus (pansus) DPRD kabupaten, mengingat persoalan itu perlu penanganan konkret yang tidak boleh dianggap remeh.

Ia berharap, persoalan tapal batas tidak menimbulkan dampak sosial yang buruk bagi masyarakat di wilayah perbatasan antara dua kabupaten ini.

Meski hanya antara dua daerah, bukan antara dua negara namun persoalan tapal batas, kata Fatri, perlu ditangani serius sebagai upaya menjaga suasana kondusif di wilayah perbatasan.

DPRD pun berharap, pemerintah daerah mengantongi data akurat terkait tapal batas di seluruh wilayah itu, agar persoalan antara wilayah barat Tolinggula dengan Buol, Sulawesi Tengah tidak terjadi pada batas wilayah lainnya.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018