Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Masyarakat di wilayah pesisir Kabupaten Bone Bolango, khususnya Kecamatan Bone, Provinsi Gorontalo, mulai menikmati fasilitas internet gratis dari Dinas Komunikasi dan Informatika setempat.

"Alhamdulillah saat ini Kecamatan Bone sudah terkoneksi dengan jaringan internet gratis yang disediakan dan diprogramkan Pemkab Bone Bolango," ujar Camat Bone Yasni Hadju, Selasa.

Menurutnya, sejak diberikannya fasilitas tersebut, antusias masyarakat begitu tinggi dalam mengakses berbagai informasi maupun berselancar di dunia maya.

Bahkan mulai pagi hingga malam hari masyarakat berkumpul di seputaran ruang terbuka hijau (RTH) Bone.

"Masyarakat sangat respon dan menyambut positif, serta bangga dengan adanya internet yang dipasang di Kantor Kecamatan Bone. Selain untuk bersosial media, juga dimanfaatkan untuk jaringan berbisnis," ungkap Yasni.

Tidak hanya masyarakat, menurut Yasni Hadju, aparat desa se Kecamatan Bone pun kini dapat memasukan data yang berhubungan dengan pengajuan Dana Alokasi Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) tanpa harus ke ibu kota kabupaten atau ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) lagi.

"Nah, saat ini mereka aparat desa tinggal datang ke kantor kecamatan, karena sudah ada fasilitas internet," ungkap mantan Camat Suwawa Tengah tersebut.

Plt Kepala Dinas Kominfo Lukman A. Daud mengungkapkan, untuk fasilitas jaringan internet gratis di setiap kecamatan, itu terbagi dua bagian, yakni bagian dalam atau yang dipasang di dalam kantor kecamatan digunakan untuk pemerintahan.

Kemudian yang dipasang di luar untuk internet publik yang dipancarkan ke masyarakat agar bisa melaksanakan aktivitas bisnisnya atau kebutuhan lainnya yang berhubungan dengan informasi.

"Ke depan program layanan internet gratis dari pemkab ini akan terus dikembangkan. Mohon doa dan dukungannya, Insya Allah program pemerintah daerah ini semuanya bisa dipenuhi," ungkapnya.

Dia pun berharap agar layanan internet gratis yang diprogramkan dan disediakan oleh pemerintah daerah itu, bisa digunakan dengan sebaik-baiknya.

"Gunakan fasilitas ini dengan positif, syukuri dan mari kita jaga apa yang telah diprogramkan oleh pemerintah daerah di bawah kepemimpinan Bupati Hamim Pou dan Wakil Bupati Mohamad Kilat Wartabone," pungkasnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018