Gorontalo, (Antara News) - Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin, mengajak seluruh lapisan masyarakat termasuk aparaturnya untuk mencegah aksi pencurian dan penangkapan ikan secara ilegal "Illegal Fishing".

"Kita harus menjaga laut agar potensi perikanan yang dimiliki tidak diambil dan ditangkap sembarangan," ujarnya di Gorontalo, Senin .

Kekompakan dalam menjaga kelestarian laut di daerah itu, kata bupati, diyakini mampu menunjang kelestariannya termasuk objek wisata bahari yang dimiliki.

Pemerintah daerah bertekad menjadikan kabupaten itu sebagai kawasan wisata bahari terbesar di Provinsi Gorontalo.

Maka seluruh lapisan masyarakat termasuk aparatur pemerintahan daerah, diharapkan bekerja sama melestarikan lingkungan serta bersama-sama mencegah illegal fishing.

Tidak hanya pencurian ikan oleh kapal asing, namun cara penangkapan ikan secara ilegal menggunakan bom atau bahan peledak, racun dan cara-cara lain yang merusak biota laut, harus dicegah.?

"Jangan ada lagi yang menangkap ikan dengan cara-cara yang salah, sebab potensi kelautan dan perikanan yang kita miliki akan rusak bahkan berpotensi musnah," ujar bupati.

Ia berharap, kabupaten itu menjadi destinasi wisata bahari andalan di teras depan Indonesia bagian utara Provinsi Gorontalo.

Pemerintah daerah pun terus mendorong terbentuknya kelompok-kelompok pemberdayaan masyarakat wilayah pesisir pantai.

Agar mereka dapat memberikan laporan sedini mungkin jika terlihat potensi perusakan lingkungan atau ada oknum-oknum yang menangkap ikan secara ilegal.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018