Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara membangun 495 unit rumah sehat layak huni untuk disalurkan secara gratis kepada warga kurang mampu pada 2014 ini.

"Warga kurang mampu yang belum memiliki rumah tinggal memadai dan sesuai standar kesehatan layak menerima bantuan ini," kata Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin.

Bantuan rumah sehat layak huni menjadi program unggulan pemerintah daerah yang dianggarkan melalui APBD 2014.

Peruntukkannya pun hanya untuk warga kurang mampu dan penyalurannya masih sangat terbatas, yaitu 45 unit per kecamatan sehingga total anggaran sebesar Rp11 miliar, akan merata di 11 kecamatan, masing-masing Rp1 miliar.

Bupati mengatakan pemkab menargetkan rumah ini akan rampung dibangun pada Juli 2014 agar masyarakat segera menikmati program bantuan langsung itu.

Proyek bantuan ini ditangani Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa dengan harapan kebutuhan rumah tinggal yang layak di kabupaten ini secara bertahap bisa terpenuhi dari ujung Buata Kecamatan Atinggola, hingga ke wilayah barat Cempaka Putih, Kecamatan Tolinggula.

Program bantuan langsung, kata bupati, diharapkan mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya warga yang belum memiliki rumah tinggal layak.

Sementara itu, Kepala Bagian Pembangunan Sekretariat Daerah Pemkab setempat, Ridwan Dai mengatakan pembangunan rumah sehat layak huni dilakukan dengan sistem swakelola.

"Tahapan proses percairannya pun sedang berlangsung," ujarnya.

Verifikasi langsung ke penerima bantuan juga sementara dilakukan instansi teknis penanggung jawab bersama pemerintah kecamatan, untuk melihat kondisi penerima bantuan, sehingga realisasinya diharapkan sesuai target waktu yang ditetapkan.  

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2014