Jakarta, (Antara News) - Pasokan listrik di Kota Palu, Sulawesi Tengah, dan sekitarnya akan segera pulih secara bertahap pada Minggu, kata Direktur   Bisnis Regional Sulawesi PT PLN (Persero) Syamsul Huda.

"Kondisi pembangkit dan jaringan yang bisa kami perbaiki dan operasikan dengan segera, harus menjadi fokus bersama. Mesin pembangkit diesel di PLTD Silae yang bisa segera diperbaiki dan dioperasikan serta beberapa penyulang yang tidak mengalami kerusakan parah kami upayakan maksimal untuk segera dapat mensuplai listrik Kota Palu dan sekitarnya," katanya saat memimpin briefing Tim Gabungan Recovery Kelistrikan Palu dalam rilis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Ia mengatakan, pihaknya  menargetkan Minggu ini listrim mulai normal secara bertahap.

Syamsul Huda bertindak sebagai koordinator dan memimpin serta memantau langsung jalannya proses inventarisasi dan perbaikan kelistrikan di Kota Palu.

Turut hadir dalam kesempatan itu Kepala Divisi Operasi PLN Yohanes Sukrislismono, GM PLN Suluttenggo Edison Sipahutar, dan GM Kitlur PLN Sulawesi Purnomo.

Menurut Huda, sebanyak 125 personel tim gabungan PLN Sulawesi telah tiba di Palu, Sulawesi Tengah.

Kedatangan tim itu adalah tahap pertama dari sejumlah tim PLN yang akan bergabung di Palu untuk membantu percepatan pemulihan pasokan listrik pascagempa bumi dan tsunami yang terjadi pada Jumat (28/9).

"Sebelumnya tim sempat terkendala akses jalan yang masih ditutup, namun sejak dibuka kembali akses jalan darat trans-Sulawesi, utamanya jalur jalan yang menghubungkan Sulawesi Utara dan Gorontalo dengan akses menuju Palu, melalui jalur Toboli-Kebun Kopi memudahkan tim untuk bisa mencapai Palu," katanya.

Ia menambahkan untuk rumah sakit dan posko yang tersebar beberapa telah memanfaatkan genset bergerak yang ada.

Selain itu, pada Minggu sore diupayakan sejumlah unit pembangkit bisa diselesaikan perbaikannya.

"Saat ini sudah ada sekitar 12 genset yang telah bisa dimanfaatkan untuk penerangan sejumlah posko, ditambah 10 genset dari Manado. Kami berharap mobil pengangkut genset yang lainnya bisa segera tiba baik di Palu dan Donggala untuk menambah suplai tambahan penerangan warga, saat ini pergerakannya terus kami pantau untuk memastikan baik genset maupun alat berat bisa tiba di lokasi dengan selamat dan cepat," kata  Huda.

Pewarta: Kelik Dewanto

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018