Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Putri Pariwisata Gorontalo tahun 2014 Dian Evelin Nasibu, mengaku dirinya jatuh cinta dengan dunia kepariwisataan di daerah kelahirannya tersebut.

Meski saat ini menempuh kuliah di Diploma Kebidanan Politeknik Kesehatan Gorontalo tingkat satu, namun ia bercita-cita membawa pariwisata daerahnya ke dunia internasional.

"Gorontalo memiliki beberapa keunikan dalam obyek wisata seperti indahnya bawah laut dengan terumbu karang yang indah, kuliner jagung dan budaya unik yang bisa menarik perhatian wisatawan " ujarnya di Gorontalo.

Sederet potensi tersebut, kata dia, tak semua dimiliki daerah lain seperti Taman Laut Olele, dan tradisi pasang lampu atau "tumbilotohe" yang digelar setiap Ramadhan.

"Gorontalo juga memiliki Pulau Bitila yang menjadi tujuan wisata bahari, selain Olele," imbuh Dian yang hobi memainkan gitar dan menyanyi itu.

Bahkan gadis kelahiran 1995 itu ingin belajar menyelam agar bisa mempelajari dengan baik kekhasan Taman Laut Olele dibandingkan taman laut lainnya.

Meski demikian ia mengakui ada sejumlah kekurangan di pariwisata Gorontalo yakni kurangnya kesadaran masyarakat untuk melestarikan kebudayaan yang ada.

"Ini menjadi salah satu tugas saya yaitu menumbuhkan kecintaan terhadap budaya dan mempromosikannya ke luar," tambahnya.

Ia optimistis wisata di Gorontalo akan memikat hati pengunjung, terlebih saat ini kawasan Indonesia Timur menjadi destinasi wisata favorit di dunia. 

Pewarta: Debby Hariyanti Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2014