Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Gorontalo meluncurkan Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PPKS) di Universitas Negeri Gorontalo (UNG).

Kepala BKKBN Provinsi Gorontalo, Muhammad Edi Muin di Gorontalo, Jumat, mengatakan jika Undang-undang Nomor 52 tahun 2009 tentang perkembangan dan pembangunan keluarga mengamanatkan bahwa pembangunan keluarga adalah tanggung jawab pemerintah dan perguruan tinggi.

"Kebijakan pembangunan keluarga bertujuan agar keluarga Indonesia dapat melaksanakan fungsi-fungsi keluarga secara optimal menuju tercapainya keluarga sejahtera," ujarnya.

Ia menjelaskan, keluarga merupakan tempat yang pertama dan utama dalam menanamkan nilai-nilai kehidupan bagi anggota keluarga.

"BKKBN membentuk PPKS yang merupakan wadah atau rangkaian kegiatan untuk memberikan pelayanan melalui pemberian komunikasi, informasi dan edukasi (KIE), konseling, bimbingan," ucap Edi.

PPKS juga menurutnya memfasilitasi pembentukan wadah KIE dan konseling langsung pada keluarga yang berbasis keluarga untuk menuju keluarga yang berkualitas.

"Keberadaan PPKS di perguruan tinggi sangatlah penting, sehingga dapat mendukung terwujudnya semua hal tersebut, dengan memberikan informasi dan pelayanan bagi keluarga, remaja dan kelompok kegiatan lainnya yang mempunyai masalah dalam membangun keluarga sehat dan berkualitas," jelasnya.

Peresmian PPKS di Universitas Negeri Gorontalo tersebut dilakukan oleh Sekretaris Utama (Sestama) BKKBN RI, Nofrijal dan juga dihadiri oleh mantan Kepala BKKBN Gorontalo periode sebelumnnya, Abdullah Kemma.
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018