Gorontalo, (ANTARA News) - Warga yang mendiami wilayah Ponelo Kepulauan di Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, berharap bisa mendapatkan bantuan pengelolaan sampah.

"Sampah di wilayah ini cukup sulit diatasi, apalagi belum adanya sarana dan prasarana pengelolaan sampah yang perlu dimiliki," ujar Camat Ponelo Kepulauan, Harsono Rahman, di Gorontalo, Kamis.

Menurutnya, selain memerlukan tempat penampungan sampah, pemerintah kecamatan terus berupaya agar wilayah itu mendapatkan perhatian serius untuk pengelolaan sampah.

Mengingat sampah yang cukup banyak tertimbun di pesisir pantai tidak sekedar sampah produksi rumah tangga.

Namun sebagian besar merupakan sampah kiriman.

Ia mengaku, selain menggencarkan program penyuluhan kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan, pihaknya pun mendorong pemerintah desa untuk melakukan gotong royong membersihkan sampah.

Termasuk mendorong paguyuban-paguyuban atau komunitas pemuda desa untuk gotong royong membersihkan sampah.

"Kami butuh perhatian serius untuk mengatasi persoalan sampah di pulau ini, apalagi desa-desanya menjadi penyanggah objek wisata bahari di wilayah itu," ujar Harsono.

Selain bak sampah, wilayah itu memerlukan alat pembersih sampah termasuk cara paling efektif menyegerakan mengatasi sampah yang sangat merusak lingkungan dan pemandangan, serta mengancam ekosistem di pesisir pantai.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018