Gorontalo, (Antaranews Gorontalo) - Atas keberhasilannya dalam kepedulian kelompok UMKM di Kota Gorontalo, pemerintah setempat meraih penghargaan Natamukti dari Internasional Council For Small Business (ICSB).

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Koperasi dan UMKM, dan Kota Gorontalo masuk dalam deretan 20 Kota dan 19 Kabupaten penerima penghargaan tersebut.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Koperasi dan UMKM Kota Gorontalo Ben Idrus mengatakan, penghargaan ini bagian kinerja yang selama ini dillakukan oleh pemerintah kota dalam mengembangkan UMKM ke arah yang lebih baik lagi.

"Indikator yang digunakan dalam penilaian tersebut cukup banyak, utamanya adalah komitmen pemerintah Kota Gorontalo dalam meningkatkan UMKM itu sendiri," kata Ben Idrus.

Menurutnya, komitmen Wali Kota Gorontalo Marten Taha dalam hal pengembangan UMKM telah tertuang dalam dokumen perencanaan daerah.

"Ada sejumlah kendala yang dihadapi oleh pelaku UMKM, salah satunya terkait manajemen dan kemasan produk, namun pemerintah sudah memberikan solusi dan memfasilitasi para pelaku usaha UMKM, untuk tidak kalah bersaing dengan pelaku usaha swasta lainya yang memiliki modal lebih besar," tegasnya.

Pemerintah kota juga memberikan bantuan modal kepada pelaku UMKM dan itu sudah jadi komitmen Wali Kota Gorontalo.

"Apalai dari segi izin, tentu pemerintah lebih menaruh perahatian," tambahnya.

Untuk manajemen usaha sendiri, pemerintah Kota Gorontalo melaksanakan pelatihan yang bertujuan agar pelaku usaha dapat berwirausaha dan bisa memanfaatkan IT dalam pemasaran produk mereka.

 

Pewarta: -

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018