Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, mengatakan pelaksanaan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) pada 20 Desember 2018, penting untuk promosi daerah ini.

"Tahapannya cukup panjang sebelum akhirnya Gorontalo dipilih sebagai tuan rumah. Kami meminta kepada Menteri Sosial yang saat itu dijabat Khofifah untuk menjadi tuan rumah. Alhamdulillah pada HKSN 2017 di Jawa Timur, kami dipercaya sebagai tuan rumah untuk 2018," katanya di Gofrontalo, Senin.

Selain promosi daerah, ia juga yakin rangkaian kegiatan sosial tersebut memiliki manfaat bagi masyarakat Gorontalo.

"Sejak saya Bupati dan sekarang menjadi Gubernur, selalu tidak ingin ada kegiatan peringatan yang bersifat seremonial, tetapi manfaatnya kurang dirasakan oleh masyarakat. Contohnya peringatan HUT Proklamasi atau HUT Provinsi Gorontalo. Kami memilih kegiatan yang bermanfaat bagi warga seperti bakti sosial, pasar murah dan pemberian santunan kepada warga kurang mampu," tandasnya.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Gorontalo, Risjon A Sunge menjelaskan, rangkaian acara HKSN akan dimulai pada 14 Desember 2018 dengan kegiatan Lintas Batas Kesetiakawanan Sosial (LBKS) yang diawali di Kabupaten Pohuwato.

Kegiatan yang dilakukan setiap hari secara bergilir di lima kabupaten dan kota lainnya.

"Akan diisi dengan pemberian sembako, alat disabilitas seperti kacamata, kursi roda, tongkat, alat dengar. Selain itu ada pakaian sekolah, sarana air bersih, jamban keluarga dan pembangunan rumah layak huni,"kata Risjon selaku Ketua Panitia HKSN 2018.

Pada 18 Desember 2018 dijadwalkan akan ada peresmian rumah Komunitas Adat Terpencil (KAT) bagi 45 kepala keluarga (KK)di Gorontalo Utara.?

Pelaksanaan LBKS akan berakhir di Bone Bolango pada 19 Desember 2018 dengan ditandai dengan Bulan Bakti Kesetiakawan Sosial (BBKS).

Puncak HKSN 2018 rencananya akan digelar di Gelanggang Olahraga (GOR) David-Tonny di Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo.

Selain akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, HKSN akan diikuti oleh puluhan ribu orang dari perwakilan Dinas Sosial dan relawan sosial provinsi dan kabupaten/kota, perusahaan swasta dan BUMN serta masyarakat Gorontalo.

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018