Gorontalo, (ANTARA News) - Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Bone Bolango, melaksanakan Gerakan Nasional Pemulihan DAS di Suwawa, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, Kamis.

Kepala BPDASHL Bone Bolango, M Tahir di Gorontalo, Kamis, mengatakan pada kegiatan tersebut pihaknya bersama instansi terkait dan pemerintah daerah juga melakukan penanaman pohon.

"Kegiatan ini juga merupakan peringatran Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional, dengan tema `DAS Sehat, Sejahterakan Rakyat`," ujar M tahir.

Ia menjelaskan jika tema tersebut mengandung arti bahwa dengan ekosistem DAS yang sehat, akan berkontribusi bagi pencegahan bencana serta peningkatan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat.

"Upaya dalam memulihkan atau menyehatkan DAS tentunya tidak lepas dari keterlibatan seluruh pihak, baik instansi pemerintah, pelaku usaha, organisasi massa dan masyarakat sebagai pelaku utama pengelolaan hutan dan lahan," ucapnya.

Kegiatan pengelolaan hutan dan lahan harus memberikan manfaat nyata bagi peningkatan pendapatan serta kesejahteraan masyarakat, seiring dengan peningkatan produktivitas hutan dan lahan serta terpeliharanya kelestarian alam.

"Gerakan Pemulihan DAS di Gorontalo sudah dimulai pada awal musim penghujan lalu. Kegiatan penanaman pohon dilaksanakan oleh berbagai kalangan masyarakat dan instansi pemerintah," ungkapnya.

M Tahir menjelaskan, BPDASHL Bone Bolango telah menyediakan bibit pohon grtais bagi masyarakat sebanyak 1 juta batang setiap tahun.

Bibit tersebut diproduksi oleh persemaian permanen di Desa Toyidito, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo.

"Jenis bibit yang disediakan yaitu buah-buahan dan kayu-kayuan. Pada tahun 2018 ini kami sudah menyalurkan bibit kepada TNI, POlri, Karang Taruna, Mahasiswa, pelajar, instansi pemerintah dan swasta serta kelompok masyarakat," pungkasnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018