Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Puluhan lanjut usia (lansia) kategori terlantar usia di atas 60 tahun di Kecamatan Ponelo Kepulauan, Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, potensial sebagai penerima bantuan asistensi lanjut usia terlantar (aslut).

"Kami sudah mendata ulang, ada sekitar 83 orang lansia yang layak menerima bantuan aslut di wilayah kepulauan ini," ujar Koordinator Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Wilayah Ponelo Kepulauan, Rasman Olii, di Gorontalo, Kamis.

Ia mengatakan akan memasukkan data terbaru tersebut agar para lansia terlantar di pulau itu tidak ada yang terlewatkan mendapat jaminan perlindungan sosial di hari tua.

Sementara saat ini, pihaknya kata Rasman, baru selesai menyerahkan bantuan aslut bagi 11 orang lansia berusia antara 70-85 tahun tersebar di empat desa di Ponelo Kepulauan.

Rata-rata para lansia menerima total Rp1.800.000 atau Rp200.000,- per bulan, untuk penerimaan tahun anggaran 2018.

Pihaknya berharap, para lansia dapat menikmati bantuan tersebut sesuai peruntukkan, apalagi mayoritas penerima tergolong lansia tidak produktif.

Rasman mengatakan, total penerima bantuan aslut tahun 2018 di kecamatan itu, sebanyak 18 orang, namun 7 diantaranya telah meninggal dunia.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019