Gorontalo, (Antaranews Gorontalo) - Libur Imlek atau perayaan tahun baru China 2019 membuat sejumlah objek wisata bahari di Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, cenderung meningkat.

"Memang tidak sepadat libur akhir tahun ataupun libur akhir pekan di musim panas, namun minat pengunjung untuk menikmati wisata pantai pada libur Imlek hari ini, cenderung naik dibanding libur akhir pekan lalu," ujar Friska, salah satu pengelola wisata Pulau Saronde, di Gorontalo Utara, Selasa.

Ia mengaku, biasanya pada hari-hari libur keagamaan, kunjungan wisatawan ke pulau ini naik.

Namun saat ini diakuinya kenaikan itu tidak signifikan, dipengaruhi faktor cuaca sebab musim hujan sementara berlangsung.

"Meski tidak menentu, namun curah hujan cukup tinggi di wilayah ini, bahkan kadang-kadang gelombang laut tinggi, kadang-kadang normal seperti saat ini," ujarnya.

Selain wisatawan nusantara, beberapa wisatawan mancanegara pun memanfaatkan libur Imlek di pulau pasir putih itu kata Friska, diantaranya mereka mengaku datang dari Korea.

Sama halnya dengan kunjungan wisatawan ke Pulau Duyonumo yang ada di Kecamatan Sumalata Timur atau wilayah barat kabupaten itu.

Meski tidak signifikan, kunjungan wisatawan ke pulau ini cenderung ramai dari biasanya.

"Bahkan beberapa pengunjung datang berkelompok, termasuk karyawan-karyawan perbankan yang datang menikmati keindahan pulau ini," ujar Ibrahim, salah satu warga setempat.

Ia berharap, minat kunjungan wisata ke pulau itu akan terus meningkat meski bukan pada libur hari besar keagamaan.

Apalagi pemerintah daerah dan pemerintah desa kata Ibrahim, terus berupaya meningkatkan fasilitas yang ada di pulau itu, termasuk kesiapan masyarakat menyambut kunjungan wisatawan.

Kondisi cuaca hari ini pun kata Ibrahim, cenderung bersahabat dibanding libur akhir pekan kemarin.

Sebab cuaca panas cukup menunjang aktivitas wisata pantai, ditambah kondisi gelombang laut sangat tenang.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019