Gorontalo, (Antaranews Gorontalo) - Koalisi Kabupaten Penghasil Kelapa (Kopek) akan menggelar Festival Kelapa Internasional (FKI) Ke-3 di Kabupaten Karangasem, Bali, pada September 2019.

"Perpaduan antara keindahan alam, kekayaan budaya serta potensi sumber daya alam, membuat daerah ini layak menjadi lokasi FKI 2019," ujar Ketua Kopek, Nelson Pomalingo melalui keterangan tertulisnya yang diterima di Gorontalo, Minggu.

Nelson yang juga Bupati Gorontalo itu menjelaskan berbagai kegiatan yang akan digelar pada festival itu antara lain pameran produk kelapa dan kuliner kelapa dari seluruh daerah penghasil kelapa, pemilihan Putri Kelapa Indonesia, pameran seni dan industri kreatif kelapa dan pemecahan rekor MURI.

"Kita juga berencana menggelar pencanangan Taman Mini Kelapa Indonesia, seminar, peluncuran Karangasem sebagai daerah ekoturisme kelapa internasional dan perjalanan ke objek wisata," ungkapnya.

Sebelumnya, Nelson meminta seluruh anggota Kopek terus memperkuat keorganisasian dalam rangka mewujudkan revitalisasi kelapa maupun industrinya.

"Langkah memperkuat keorganisasian Kopek tentunya dengan cara mendorong koordinasi antara Kabupaten Anggota Kopek dengan pemerintah pusat, pengusaha industi kelapa serta para petani kelapa," kata dia.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019