Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gorontalo Utara, Fadlyanto Koem, Senin, memastikan 496 kotak suara yang mulai didistribusikan di 248 tempat pemungutan suara (TPS) di kabupaten ini dalam kondisi tersegel.

Sehingga kekhawatiran akan adanya kecurangan-kecurangan sebelum pelaksanaan Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) dipastikan tidak akan terjadi.

Ia mengatakan penundaan pendistribusian yang rencananya akan dilakukan pada Minggu (6/7) disebabkan faktor keamanan semata.

"Kami menghindari seluruh logistik tersimpan lama di PPS, agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan," Ujarnya.

Sehingga KPU memutuskan distribusi logistik mulai dilakukan pada H-2 dengan penjagaan ketat pihak Kepolisian.

Menurutnya, distribusi logistik menggunakan truk dimulai dari kecamatan terjauh yaitu wilayah Cempaka Putih, Kecamatan Tolinggula serta Tombulilato, Kecamatan Atinggola, yang sudah dilakukan sejak pagi tadi mulai pukul 06.00 Wita.

Bahkan dari informasi yang diterimanya, sebagian besar kotak suara sudah diterima panitia pemungutan suara (PPS) di setiap desa, sehingga pihaknya optimistis sebelum pukul 17.00 Wita pendistribusiannya rampung.

Termasuk di wilayah Kepulauan Ponelo, Dudepo dan Mutiara Laut yang pengangkutannya menggunakan perahu yang disiapkan panitia pemilihan kecamatan (PPK).

Sedangkan untuk TPS yang berada di pusat ibu kota kabupaten, baru akan didistribusikan pada Selasa (8/7).

Fadlyanto optimistis pelaksanaan tahapan pemungutan suara akan berjalan lancar dan aman.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2014