Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, memperkuat pengamanan wilayah perlintasan Sulawesi agar semakin aman dan kondusif.

"Meski menjadi wilayah paling aman di Provinsi Gorontalo, namun kabupaten ini perlu terus memperkuat pengamanan wilayah yang ada, khususnya di ibu kota kabupaten," ujar Sjamsul Bahri Poe, Camat Kwandang, di Gorontalo, Senin.

Menurutnya, Kecamatan Kwandang perlu menjadi contoh sebagai salah satu wilayah paling aman di daerah itu, termasuk di Provinsi Gorontalo.

Mengingat wilayah Kwandang, tidak hanya berada di jantung kabupaten tersebut namun menjadi perlintasan Sulawesi yang tergolong ramai.

"Setiap hari, kendaraan dari dan ke luar Gorontalo pasti melewati kecamatan ini, maka aspek keamanan wilayahnya wajib menjadi prioritas setiap saat," ujarnya.
Ia mengaku, selalu mengedepankan kerja sama antara seluruh unsur yang ada di wilayah itu.

Termasuk memperkuat tali persaudaraan di tengah-tengah masyarakat, agar setiap permasalahan yang muncul dapat dipecahkan bersama.

Diakuinya, tingkat kerawanan gangguan keamanan di wilayah itu cukup tinggi sebab ada di perlintasan Sulawesi, apalagi tahun ini merupakan tahun politik.

"Gesekan sekecil apapun bisa memicu gangguan keamanan yang berdampak besar," ujarnya.

Namun setiap pekan kata ia, pihaknya terus menggelar koordinasi dengan unsur komunikasi pimpinan kecamatan untuk dilaporkan secara intensif ke pemerintah kabupaten.

Langkah itu merupakan salah satu upaya penguatan keamanan di wilayah ini secara intensif.

Serta melakukan koordinasi dengan seluruh aparat termasuk menggelar hari lapor yang dihadiri pemerintah desa.

"Beragam persoalan dibahas saat itu, untuk segera dicarikan solusinya agar kondusifitas daerah ini tetap terjaga," tambahnya.

Sistem lapor jaga tetap berlaku di setiap desa, untuk mendukung keamanan wilayah mulai dari desa hingga kabupaten.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019