Menjelang pemilihan umum (pemilu) 2019 yang sudah di depan mata, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengajak masyarakat agar tidak golput. 

"Saya mengajak seluruh masyarakat Gorontalo,  untuk tidak golput. Kalau perlu 16 april setelah sholat magrib semua mesjid, ada yang mengumumkan dan mengajak seluruh masyarakat hadir besok harinya pada 17 april untuk memberikan hak pilihnya," kata Rusli di Gorontalo, Selasa.

Selain itu gubernur juga menekankan kepada seluruh masyarakat, untuk tidak percaya berita bohong apalagi menyebarkannya.

" Saya perintahkan aparat kepolisian, babinkantibmas untuk memantau masyarakat yang menyebarkan berita bohong, seperti masalah agama, masalah ini dan itu yang belum tentu kebenarannya jangan diedarkan," tegasnya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo untuk mensukseskan penyelenggaraan Pemilu Serentak tahun 2019. 

" Pemilu Serentak tahun 2019 tinggal menghitung hari. ASN sebagai abdi negara dan abdi masyarakat harus ikut mensukseskan pesta demokrasi tersebut," ujarnya saat apel Korpri di halaman Museum Purbakala Provinsi Gorontalo, Senin.

Idris menegaskan, ASN harus bersikap netral dan independen pada Pemilu serentak. 

Namun demikian, ASN harus bisa menjadi teladan bagi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya, sehingga mampu meningkatkan jumlah partisipasi pemilih.

"ASN harus bisa mengajak keluarga dan masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya. Saya minta pada hari pemungutan suara untuk segera datang ke TPS," tegasnya.

Pada Pemilu Serentak tahun 2019, Pemprov Gorontalo menargetkan tingkat partipasi pemilih yang menggunakan hak pilihnya lebih dari 80 persen.



 

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019