Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menegaskan, pemerintah akan menertibkan aktivitas galian c di sungai Bulango, karena memiliki dampak bagi lingkungan.

"Kami tidak menutup izin usaha mereka, tetapi akan menertibkan usaha galian c tersebut," tegasnya ketika memimpin rapat musyawarah pimpinan daerah, Senin.

Selain penertiban di lokasi penambangan, juga akan dilakukan pemeriksaan izin usaha.

"Penertiban ini semata untuk kepentingan seluruh rakyat Gorontalo, dan kita akan tetap memberi ruang kepada para penambang pasir, tetapi dengan syarat harus sesuai dengan aturan dan yang terpenting tidak merusak lingkungan," pungkas Rusli.

Terkait dengan tindak lanjut atas hasil peninjauan ke lokasi pertambangan pasir di Sungai Bulango beberapa waktu lalu, Rusli mengatakan pihaknya akan melakukan koordinasi dengan aparat kepolisian, kejaksaan, serta didampingi oleh unsur teknis baik dari Balai Sungai maupun SKPD terkait.

"Kami akan turun bersama untuk melihat apakah usaha itu memenuhi syarat atau tidak. Jika memang tidak memenuhi syarat, saya serahkan sepenuhnya ke Polda Gorontalo untuk proses hukumnya," lanjut Rusli.

Gubernur juga mengapresiasi langkah Polda Gorontalo yang akan segera turun ke lokasi untuk menangani masalah penambangan pasir tersebut.

Wakapolda Gorontalo Kombes Pol. Tri Maryanto, mengatakan pihaknya serius dalam menangani maraknya penambangan pasir di sungai itu.

"Masalah ini memang butuh penanganan khusus, oleh karena itu saya mohon izin kepada pak gubernur usai rapat ini akan segera ke lokasi penambangan pasir," ujarnya.

Pewarta: Debby Hariyanti Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2014