Organisasi Maritim Muda Gorontalo menggelar aksi bersih pantai di Kelurahan Tanjung Kramat, Kota Gorontalo, untuk memperingati hari bumi yang jatuh setiap tanggal 22 April tersebut.

Ketua Maritim Muda Gorontalo, Sri Ade Muthya Gobel di Gorontalo, Selasa mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan bersama beberapa komunitas dan organisasi pemuda di Gorontalo tersebut bertujuan untuk mengajak para pemuda lebih peduli lagi terhadap lingkungan terlebih pada pantai dan laut.

"Hingga saat ini kita melihat gerakan sadar lingkungan dari masyarakat masih sangatlah kurang, hal itu dapat dilihat dari banyaknya sampah yang kita temukan di pesisir pantai di daerah tersebut," jelasnya.

Melalui hal tersebut, pihak Maritim Muda Gorontalo juga melibatkan para masyarakat sekitar untuk sama-sama turun melakukan aksi bersih pantai tersebut.

Untuk lebih meningkatkan lagi gerakan sadar lingkungan bagi masyarakat setempat Maritim Muda Gorontalo juga melaksanakan diskusi soal lingkungan.

Pemateri pada Aksi Bersih Pantai, Intan Noviantari Manyoe pada diskusinya menyampaikan tentang pengaruh sampah plastik bagi ekosistem dan kesehatan tubuh.

Menurutnya, sampah terlebih plastik yang dibuang akan berdampak buruk bagi diri kita sendiri yaitu jika sampah tersebut berakhir ke laut kemudian berubah menjadi mikro plastik, seterusnya termakan oleh ikan dan akhirnya ikan tersebut dikonsumsi.

"Oleh sebab itu, solusi yang tepat adalah dengan mengurangi produksi sampah plastik dan menggantinya dengan produk-produk ramah lingkungan atau kemasan yang bisa digunakan berulang kali," tutupnya.
 

Pewarta: Dian Bawenti

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019