Debit air di bendungan Alale, Suwawa Tengah, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo naik usai hujan yang melanda wilayah itu sejak Senin (29/4).

Pantauan di Gorontalo, Selasa aliran air di bendungan yang biasanya tenang, kini menjadi deras dengan membawa berbagai material seperti batang kayu dalam ukuran besar dan kecil.

Kondisi itupun membuat bendungan Alale mendadak ramai dengan banyaknya warga yang ingin melihat maupun mengabadikan derasnya aliran air melaui foto dan video.

Iman, salah seorang warga yang datang melihat kondisi air di bendungan itu mengaku cukup kuatir jika hujan terus mengguyur daerah itu.

"Baru sehari hujan aluran sungainya sudah deras begini, kami kuatir akan terjadi banjir jika cuaca seperti ini terus terjadi," ucapnya.

Ia berharap debit air tidak akan semakin naik dan deras agar tidak meluap dan membanjiri rumah warga yang berada di bantaran sungai.

Pemerintah Kabupaten Bone Bolango meminta kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) dan warganya, khususnya yang berada dibantaran sungai dan daerah-daerah yang rawan longsor atau di tebing pegunungan untuk mewaspadai banjir dan tanah longsor.

 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019