Sejumlah tempat di Kota Gorontalo mulai mempersiapkan berbagai pernak-pernik untuk memeriahkan tradisi "tumbilotohe" yang dilaksanakan setiap ramadhan oleh semua warga Gorontalo.

Ketua Panitia Penyelenggara Tradisi Tumbilotohe di Kelurahan Paguyaman, Hendra, menjelaskan persiapan sengaja dilakukan lebih awal karena menyesuaikan dengan kabar dari pemerintah tentang tradisi tumbilotihe yang akan dilaksanakan pada tanggal 31 Mei mendatang.

"Kami mempersiapkan tradisi ini dari sekarang karena merupakan kemauan dari para remaja mesjid serta warga setempat," ujarnya.

Menurutnya waktu pengerjaan juga harus dilaksanakan lebih awal karena luasnya lahan yang harus ditata sedemikian rupa dengan jumlah lampu sebanyak 3.000 lampu botol.

"Hal ini dilakukan dengan tujuan agar semuanya sudah siap ketika hari perayaan tradisi tumbilotohe tiba," ungkpanya. 

Konsep yang digunakan pada ramadhan kali ini berbeda, kali ini pihak panitia terinovasi dari taman lampu pada salah satu mall di Kota Tanggerang, Provinsi Banten.

"Jadi yang akan kita buat di sini yaitu taman lampu botol, dan untuk lebih menghadirkan suasana Ramadhannya kami tambahkan miniatur kubah dengan hiasan lampu warna-warni," katanya.

Ia mengharapkan ke depan dengan dibuatnya taman lampu botol untuk perayaan tradisi tumbilotihe itu dapat membuat masyarakat tidak hanya lewat saja tapi juga bisa mampir dan mengabadikan momen mereka dengan berswafoto pada taman tersebut.

Pewarta: Dian Bawenti

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019