Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Sebanyak 20 desa di tujuh kecamatan dalam Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, mendapatkan dana Program Pembangunan Infrastruktur Pedesaan (PPIP) tahun 2014.

Wakil Bupati Bone Bolango Kilat Wartabone, Senin, mengatakan bahwa peran pemerintah daerah mendukung secara optimal penyelenggaraan PPIP tahun 2014 yang merupakan dana stimulans pemerintah pusat berupa bantuan langsung masyarakat (BLM) ke desa sasaran.

Pada awalnya lanjut Kilat, jumlah sasaran PPIP Reguler adalah sembilan desa dan patut di syukuri bahwa pada tahun 2014 menjadi 20 desa di tujuh kecamatan.

"PPIP merupakan program yang dilakukan untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam pengentasan kemiskinan, khususnya di wilayah pedesaan," katanya.

Program ini berfokus pada peningkatan akses masyarakat terhadap pelayanan infrastruktur dasar perdesaan, peningkatan kapasitas perencanaan dan pengembangan masyarakat serta peningkatan instansi terkait dalam penyelenggaranaan pembangunan serta tata kelola pemerintahan yang baik.

Kilat mengatakan, dana PPIP merupakan dana stimulanspemerintah pusat ke masyarakat desa sasaran sebagai pendorong dengan memberikan peran yang besar kepada masyarakat untuk merencanakan, melaksanakan, mengendalikan serta memanfaatkan dan mengelolanya sendiri.

"Pelaksanaan PPIP ini diharapkan dapat membangun kesadaran kritis dan kemandirian masyarakat dalam mengatasi permasalahan kemiskinan dan ketertinggalan desanya dengan menyusun usulan prioritas desa dan rencana kerja masyarakat yang sesuai dengan kebutuhan dan permasalahannya," ujar Kilat.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Bone Bolango Iwan Mustapa menambahkan setiap desa sasaran akan menerima dana PPIP sebesar Rp 250 juta yang dialokasikan melalui dua tahun anggaran dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, yakni tahun anggaran 2014 sebesar Rp 100 juta dan tahun anggaran 2015 sebesar Rp150 juta.

"Dana ini disalurkan ke masyarakat melalui rekening organisasi masyarakat setempat," kata Iwan.

Pewarta: Wahiyudin Mamonto

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2014