Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Sebanyak 45 anggota DPRD Provinsi Gorontalo periode 2014-2019 mengucapkan sumpah dan janji jabatan pada Senin siang.

Dari jumlah tersebut, 12 anggota berasal dari Partai Golkar, 7 orang dari PAN, 6 orang dari PDIP, 5 dari PKS, 5 dari Hanura, 4 dari PPP, 4 dari Partai Demokrat, 1 dari PKB dan 1 orang dari Partai Gerindra.

Sebelas orang di antaranya, sebelumnya merupakan anggota DPRD Provinsi Gorontalo periode 2009-2014.

Pimpinan DPRD Sementara dipercayakan kepada Rustam Akili dari Golkar sebagai ketua, sedangkan wakilnya adalah Feriyanto Mayulu dari PAN.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie meminta para anggota DPRD yang baru dilantik untuk membantu pemerintah daerah dalam menyelesaikan tugas-tugas pembangunan.

"Saya yakin semua yang terpilih merupakan representasi keinginan masyarakat Gorontalo, sehingga jangan sampai ada wakil rakyat yang mengabaikan aspirasi mereka," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Sementara DPRD Provinsi Gorontalo Rustam Akili mengatakan disamping tiga fungsi lembaga yang harus dijalankan,anggota DPRD memiliki tanggung jawab moral dalam melakukan pendidikan politik kepada masyarakat.

"Bagaimanapun kita harus jujur mengakui bahwa demokrasi saat ini masih banyak bekerja dalam ruang demokrasi prosedural dan belum substansial," ungkapnya.

Pelantikan anggota DPRD dijaga ketat oleh ratusan polisi. Penjagaan berlapis diterapkan di seluruh jalan masuk menuju kantor DPRD Provinsi Gorontalo.

Pewarta: Debby Hariyanti Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2014