Bupati Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, Hamim Pou menyebutkan pengembangan peternakan sapi dapat menurunkan angka kemiskinan dan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Ia mengatakan jika Kabupaten Bone Bolango mengembangkan peternakan sapi sudah sejak lama bahkan sebelum dirinya menjadi bupati.

"Sebanyak Rp25 miliar diinvestasikan untuk beli sapi sebanyak 5 ribu ekor dan dibagi ke masyarakat," ujarnya usai menghadiri workshop Badan Kerja Sama Utara-Utara (BKSU) di Buol, Jumat.

Hamim mengaku, semangat empat daerah yang tergabung Badan Kerja Sama Utara-Utara (BKSU), yakni Kabupaten Boul, Kabupaten Bone Bolango, Kabupaten Gorontalo Utara, dan Kabupaten Bolmong Utara sangat luar biasa. Yaitu dalam mengembangkan peternakan sapi, karena BKSU percaya bahwa sapi ini salah satu cara ampuh sesuai dengan kultur dan budaya masyarakat di empat daerah itu sangat cocok menjadi salah satu jurus untuk menurunkan kemiskinan.

Pada masa kepemimpinannya dalam 5-6 tahun terakhir ini, pihaknya sudah membeli sapi hampir 12 ribu ekor. Pada dua tahun terakhir pemerintah daerah berkolaborasi dengan dana desa dan pada tahun 2018 lalu membeli 6 ribu ekor sapi.

"Kemudian diberikan ke tiap-tiap rumah tangga miskin dua ekor sapi. Tapi ada syaratnya antara Kepala Desa dan penerimaan bantuan sapi tersebut, dimana dalam dua tahun kemudian dia harus berani ke luar dari rumah tangga miskin. Ini salah satu metode kami di Bone Bolango untuk mengurangi angka kemiskinan," ucap Hamim Pou.

Ia menjelaskan, mulai tahun 2018 yang lalu, pihaknya sudah menyiapkan lahan peternakan pengembangan sapi di Bone Bolango, yakni sekitar 700 hektare.
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019