Kepala Dinas Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Gorontalo Handoyo, Selasa, mengatakan pihaknya menargetkan perbaikan sejumlah infrastruktur di Kabupaten Bone Bolango.

Ia juga meluruskan pernyataan Bupati Bone Bolango Hamim Pou, yang menyebut banyak kewenangan provinsi yang belum dibereskan diantaranya Jembatan Bulobulontu, Jembatan Molintogupo, Jembatan Tolomato serta ruas jalan Kabila-Suwawa yang rusak di beberapa titik.

Menurut Handoyo, jembatan Bulobulontu yang menghubungkan Kecamatan Suwawa Tengah dan Suwawa Selatan bukan aset pemerintah provinsi.

Oleh karena itu, pekerjaan jembatan tersebut sepenuhnya menjadi kewenangan Pemda Bone Bolango.

“Kalau jembatan Molintogupo, sudah kami perbaiki walau hanya sementara dengan mengganti papan lantainya yang mulai lapuk. Tahun 2020 kami anggarkan perbaikan keseluruhan melalui APBD,” jelasnya.

Lebih lanjut Handoyo mengungkapkan pekerjaan jembatan Tolomato yang menghubungkan Suwawa Tengah dengan Suwawa Timur, akan dikerjakan pada APBD Perubahan 2019 ini.

Menurutnya, ada proses perencanaan yang harus dilewati sebelum pekerjaan jembatan terlaksana.

“Kemudian yang berikut mengenai jalan Kabila-Suwawa khususnya yang ada di Desa Alale. Kami dapat informasi dari Dinas PU Bone Bolango mereka sudah menganggarkan untuk perbaikan, jadi tidak kami kerjakan lagi. Jangan sampai mereka mengerjakan, kami juga kerja nanti tumpang tindih pembiayaan,” ujarnya.

 

 

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019